-->

Pendaftaran dan kuota cpns online 2019

Assalamu'alaikum...
Hallo teman-teman,

Pemerintah tahun ini membuka lowongan cpns nih teman,
CPNS adalah singkatan dari calon pegawai negeri sipil, yang berarti bahwa pelamar pns yang baru lulus tes tahap pertama.
Tahun ini, pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) akan membuka lowongan cpns lagi. Meskipun jumlah lowongan tidak sebanyak tahun 2018, namun kesempatan ini menjadi peluang bagi sejumlah masyarakat yang ingin mengabdi untuk negara.
Tahun 2018 lalu, jumlah lowongan cpns sebesar 238.000. Tapi, tahun 2019 ini jumlah lowongan cpns hanya sejumlah 100.000 formasi saja.
Lowongan cpns tahun 2019 ini merupakan kelanjutan dari lowongan cpns tahun 2018 lalu, sebab prosedur peneriman cpns memang secara bertahap, mengikuti ketersediaan anggaran yang dimiliki pemerintah.

pendaftaran-dan kuota-cpns-online-2019


Persiapan Pendaftaran CPNS 2019

Pendaftara CNPS tahun 2019 direncanakan berjalan bulan oktober. Meski masih beberapa bulan lagi, calon pendaftar cpns perlu mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu jauh-jauh hari. Beberapa syarat dokumen perlu di scan dengan maksimal 200 KB. Dokumen yang perlu disiapkan diantaranya antara lain :
1. Akta kelahiran (discan),
2. KTP(discan),
3. Ijazah (discan),
4. Legalisir ijazah
5. Legalisir transkip nilai (untuk S1 dan S2),
6. Legalisir Kartu Keluarga (discan),
7. Foto ukuran 4x6 (discan)

Kuota penerimaa CPNS 2019

Sampai saat ini, belum ada kepastian kuota penerimaan yang dibutuhkan pemerintah untuk mengisi kekosongan tempat pns. Namun, yang pasti target dari pemerintah ada 100.000 formasi dari berbagai daerah di Indonesia.

Bocoran Ujian CPNS 2019

Tahun ini, ujian CPNS tidak jauh berbeda dengan ujian cpns tahun 2018 lalu.
Soal ujian CPNS masih terdiri dari :
1. Seleksi administrasi,
2. Tes kompetensi dsar (SKD), dan
3. Tes kompetensi bidang (SKB).

Untuk tes yang terakhir saya sebutkan (SKB), akan berbeda-beda sesuai dengan formasi dan jabatan. Sedangkan untuk tingkat kesulitan ujian cpns 2019 tidak akan lebih sulit jika dibandingkan dengan ujian tahun lalu. Hanya saja soal tahun ini lebih disesuaikan dengan perkembangan zaman.
Soal yang diujikan untuk CPNS memang sulit karena menggunakan bentuk HOTS (High Order Thinking Skill). Hal ini jika disesuaikan dengan perkembangan zaman yang semakin ketat persaingannya untuk menyeleksi cpns yang berkualitas.

Pengalaman dari ujian CPNS tahun 2018 kemarin

Calon pendaftar CPNS tahun 2018 lalu banyak yang gugur di salah satu tes yang dianggap sulit, yaitu tes karakteristik pribadi (TKP).

Posisi CPNS yang paling dibutuhkan

Ada beberapa posisi yang masih menjadi prioritas bagi pemerintah untuk diisi, dengan mengikuti cpns 2019. CPNS tahun 2019 masih akan memprioritaskan posisi tenaga di bidang kesehatan dan pendidikan (pengajar).

Demikian sedikit informasi mengenai CPNS 2019 yang bisa saya bagikan.
Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum...
LihatTutupKomentar