-->

Cara membuat aquarium mini dari galon bekas kecil

Buat aquarium. Sedikit curcol nih, beberapa minggu kemarin suasana hati gak bersahabat. Ndak tau kenapa, jadi males-malesan gak ada semangat-semangatnya. Namun, beberapa hari yang lalu anak saya yang sudah masuk kelompok bermain (KB) membawa pulang tiga ekor ikan hias aquarium kecil. 

Awalnya cuma saya taruh aja di gelas plastik bekas air mineral. Tapi, setelah liat-liat di youtube beberapa aquarium yang cantik-cantik dengan tanaman hidup di dalamnya. Maka, saya mulai tertarik dengan dunia ikan dan aquatik ini. 

Inilah hobi baruku, ternyata hobi baru ini sedikit banyak mendongkrak semangatku lagi gaes. Saya awali pengalamanku membuat aquarium ukuran kecil atau sederhana dari bahan bekas.

Cara membuat aquarium kecil dari galon bekas kecil

Harga aquarium

Saat ini banyak sekali jenis dan model aquarium jika kita berkunjung dan membelinya di toko aquarium. Apalagi toko aquarium yang sudah besar dan terkenal. Ukuran aquarium bermacam-macam dari yang berukuran kecil hingga ukuran besar.

Harga aquarium juga bermacam-macam, aquarium kecil harga mulai dari Rp 15.000, Rp 50.000 hingga Rp 300.000 atau lebih. Harga aquarium bulat juga bermacam-macam berkisar antara Rp 30.000 an hingga Rp 75.000 an.

Ada juga aquarium dinding yang bisa di pasang untuk dekorasi dinding kita, harganya berkisar Rp 65.000 hingga 2 jutaan tergantung ukuran dan kelengkapan. Harga aquarium juga tergantung dari model, kelengkapan hiasannya, dan besar ukuran aquarium.


Kelengkapan aquarium

Aquarium pada umumnya dijual sekaligus dengan kelengkapannya. Aquarium yang ideal biasanya sudah disertai dengan :
  • Pompa air,
  • Filter air,
  • Aerator aquarium (pembuat gelembung udara),
  • Lampu aquarium,
  • Hiasan miniatur tanaman dan lain-lain.

Baca Juga : 5 Tanaman Aquascape yang Mudah ditemui di Sawah

Cara membuat aquarium dari galon


Cara buat aquarium dari galon sebenarnya tidak terlalu susah. Kita hanya memerlukan galon bekas yang tidak terpakai. Kamu juga bisa menggunakan bahan - bahan semisal yang menurutmu bisa kamu gunakan.Kebetulan setelah anak saya bawa pulang tiga ekor ikan platy. Ikan platy merupakan ikan hias untuk aquarium kecil. Karena ukuran ikan ini memang begitu kecil. Maka, aquarium yang akan saya buat tentu aquarium kecil.


Awalnya, aquarium ikan ini cuma sekedar gelas plastik bekas air mineral. Karena ndak tega melihat ikan cuma muter-muter di wadah yang kecil, akhirnya saya buat aquarium yang agak layak dari galon kecil yang sudah bocor dan ndak kepake'.


Berikut cara membuat aquarium dari galon kecil bekas :

  1. Bersihkan galon hingga bersih dan keringkan.

  2. Tetapkan bentuk awal aquarium yang kita inginkan dulu,
  3. Sesuaikan dengan kebocoran dari galon tersebut. Jika galon bocor di bagian bawah di salah satu sisinya, aquarium bisa dibuat landscape dengan melubangi sisi yang bocor dari bawah hingga atas (jangan full).

  4. Buat pola pada aquarium terutama pada bagian yang akan dipotong menggunakan spidol terlebih dahulu.

  5. Setelah pola ditentukan, maka potong saja mengikuti pola menggunakan gunting atau cutter.

  6. Tinggal isi aquarium dengan hiasan miniatur atau tanaman aquascape.

  7. Lalu tuangkan air bersih.

  8. Terakhir baru masukkan ikan.

Untuk memasukkan ikan yang perlu diingat adalah, saat pertama kali beli biasanya ikan akan dimasukkan ke dalam plastik. Nah, cara memasukkan ikan yang benar yaitu ikan yang masih berada di dalam plastik dimasukkan dulu ke dalam aquarium. 

Hal tersebut supaya ikan dapat beradaptasi dengan air di aquarium yang akan menjadi rumah barunya. Tunggu sekitar 15 - 30 menit, sampai ikan mulai beradaptasi. Baru sobek plastik dan biarkan ikan berenang keluar sendiri.

Tempat tinggal ikan hias aquarium mini atau aquarium sederhana dari galon bekas sudah selesai. Semoga bermanfaat.
LihatTutupKomentar