-->

5 Tanaman Aquascape di sawah, di sungai dan yang ada di sekeliling kita sederhana tapi indah

tanaman-aquascape-di-sawah

Assalamu'alaikum teman-teman, di Indonesia mungkin dunia aquascape belum begitu booming ya. Mungkin dari kalian ada yang belum tahun apa itu aquascape?

Aquascape adalah semacam dekorasi tanaman hias yang bisa hidup dan ditanam di dalam air. Biasanya tanaman aquascape ditanam dalam media aquarium kaca. Agar keindahan tanaman bawah air ini bisa dinikmati dengan jelas.

Tapi, yang perlu kamu ketahui, tidak semua tanaman hias bisa ditanam di dalam air. Karena habitat aquascape haruslah tanaman yang bisa berkembang di dalam air.

Namun, jangan khawatir, tanaman aquascape bisa ditemukan di sawah, sungai, atau yang ada di sekeliling kita. Meskipun mencari tanaman air di sungai untuk aquascape mudah mudah susah, bagi kamu yang belum mengenal tanaman air ini. Coba kamu cari tanaman-tanaman berikut ini :

1. Java Moss

java-moss-tanaman-aquascape-di-sawah
Sumber : pinterest

Java Moss atau dalam bahasa Indonesia sering disebut "lumut". Lumut biasa hidup dan menempel pada batu. Biasa ditemukan di sawah dan yang ada di sekeliling kita. Java moss juga ada yang seperti karpet.

Java moss berasal dari Asia Tenggara. Memiliki daun yang kecil, dan pertumbuhannya lambat, namun mudah ditanam di media aquascape kita. Java moss juga bisa ditempel dan berkembang pada batang pohon yang mati dalam hiasan di aquascape.

Java moss memiliki kebutuhan CO2 dan cahaya yang sangat rendah. Jika pencahayaan tinggi, akan lebih meningkatkan pertumbuhannya. Tanaman ini bisa tumbuh menyebar, baik secara horizontal maupun secara vertikal.

2. Hydrocotile

Hydrocotyle-tanaman-aquascape-di-sawah
Sumber : pinterest

Tanaman aquascape ini hidup liar di sawah. Jika kamu sering pergi ke sawah, mungkin sering juga melihat tanaman hydrocotile ini. Meskipun di sawah dianggap biasa saja, namun jika ditumbuh kembangkan di aquascape hydrocotile terlihat cantik.

Ciri fisik hydrocotile adalah memiliki daun berbentuk ginjal. Pertumbuhan tanaman ini terbilang cepat dan mudah. Hydrocotile bisa berkembang pada cahaya yang sedang. Kebutuhan CO2 tanaman ini termasuk rendah.

3. Pistia statiotes

pistia-stratiotes-tanaman-aquascape-di-sawah
Sumber : pinterest

Tanaman pistia statiotes atau biasa disebut apu apu menjadi tanaman yang banyak dibuang oleh petani. Sebab, pistia statiotes menjadi tanaman gulma di sawah. Akan tetapi, tanaman ini bisa memperindah aquascape kamu.

Ciri dari pistia statiotes adalah memiliki daun berwarna hijau dan mengembang. Daun dari tanaman ini akan mengapung di permukaan aquascape. Tanaman ini juga memiliki akar yang panjang dan berserabut.

4. Marsilea crenata

marsilea-crenata-tanaman-aquascape-di-sawah
Sumber : pinterest

Tanaman aquascape di sawah selanjutnya adalah marsilea crenata. Marsilea crenata disebut juga tanaman semanggi. Bentuknya yang menyerupai kupu kupu sehingga mudah dikenali.

Ciri fisik dari marsilea crenata adalah memiliki daun majemuk berjumlah lima dan ada belahannya. Jika kamu melihat marsilea crenata di sawah, tanaman ini tidak hidup di dalam air. Namun, marsilea crenata tetap masih bisa hidup di dalam air.

5. Lindernia rotundifolia

lindernia-rotundifolia-tanaman-aquascape-di-sawah
Sumber : pinterest

Tanaman aquacape yang mudah ditemukan di sawah yang terakhir adalah lindernia rotundifolia. Tanaman ini tumbuh banyak di Asia, termasuk Indonesia. Mungkin di sawah atau di sekeliling kita, tanaman ini seperti ilalang yang kurang menarik. Namun, jika ditumbuhkembangkan di aquascape tanaman ini jadi lebih indah dan menarik.

Ciri fisik lindernia rotundifolia adalah bentuk daun yang bulat memanjang seperti telur. Warna daun hijau gelap dan berbatang vertikal. Pertumbuhan tanaman ini agak lambat, tapi perawatan termasuk mudah.

Demikian, postingan saya kali ini mengenai tanaman aquascape di sawah dan di sekeliling kita yang mudah ditemui. Semoga bermanfaat. Wassalamu'alaikum.
LihatTutupKomentar