-->

Jenis ikan hias air tawar yang tidak boleh di aquascape

jenis-ikan-hias-air-tawar-yang-tidak-boleh-di-aquascape


Assalamu'alaikum. Hallo teman-teman. Beberapa waktu kedepan, saya mencoba memposting beberapa artikel tentang hobi baru yaitu aquascape. Setelah beberapa postingan kemarin tentang air aquarium yang kuning dan tanaman aquascape di sawah dan sekeliling kita. Kali ini saya ingin sedikit berbagi tentang jenis jenis ikan yang tidak boleh dimasukkan di aquascape.

Berbagai jenis jenis ikan air tawar memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Ada yang berkoloni atau bergerombol, ada juga yang hidupnya menyendiri (atau jomblo, ups.. ^_^).

Di dalam aquascape, tidak sembarang ikan bisa dimasukkan dalam aquascape. Kebanyak ikan dalam aquascape berupa ikan hias air tawar.

Ciri ikan yang tidak boleh di aquascape

Jika bisa saya kategorikan, jenis ikan yang tidak boleh ada dalam aquascape memiliki sifat :

- Sifat ikan hias yang agresif

Ikan yang memiliki sifat agresif biasanya bergerak dengan cepat dan lincah. Ikan dengan karakteristik seperti itu, tidak baik berada dalam aquascape. Kenapa?

Sebab ikan akan aktif bergerak menyebabkan tumbuhan aquascape rentan rusak karena lebih berpotensi ditabrak oleh ikan. Sehingga, tumbuhan aquascape bisa mudah mati atau minimal patah. Tentu akan banyak merugikan tanaman di aquascape.

- Ukuran ikan yang besar/ cepat besar

Umumnya, jenis ikan yang ada dalam aquascape memang berukuran kecil atau tubuhnya tidak tumbuh dengan cepat. Aquascape berbeda dengan aquarium. Aquascape biasanya terdiri dari tumbuhan air dan ikan hias yang harus berbagi ruang.

Sedangkan aquarium biasanya hanya berisi ikan hias (entah ikan hias air tawar maupun ikan hias air laut) dan hanya sedikit tumbuhan atau aksesoris yang menyerupai tumbuhan asli.


Baca juga : Peluang Ekspor Budidaya Ikan Hias


- Jenis ikan perusak

Ada beberapa jenis ikan air tawar yang memiliki karakteristik merusak aquascape. Jenis ikan ini bisa memakan tanaman air ataupun menggali pasir di aquascape. Pasir dalam aquascape digunakan sebagai media tumbuhnya tanaman air.

Pasir yang digunakan biasanya pasir malang. Jika pasir ini digali oleh ikan, maka otomatis akan merusak tanam dan pupuknya sekaligus tanaman di atasnya. Dengan faktor ruang tersebut, maka dalam aquascape harus memperhatikan ruang antara tanaman air dan ikah hias.

Sehingga, ikan hias (air tawar atau air laut) yang berukuran besar kurang cocok dimasukkan ke dalam aquascape. Tidak heran jika penghobi aquascape memilih memasukkan ikan hias berukuran kecil karena sayang jika tanaman aquascape-nya mati disebabkan oleh ikan berukuran besar.


Baca juga : 5 Jenis Tanaman Aquascape di Sawah dan di Sekeliling Kita


Beberapa ikan yang tidak boleh di aquascape

Dari kriteria di atas, terdapat beberapa jenis ikan hias air tawar yang tidak baik untuk dipelihara di aquascape, diantaranya :

1. Cupang

Ikan cupang memang terkenal hidup sendiri. Salah satu ikan pemakan kutu air ini, memang hidup dengan agresif dengan menandai daerah kekuasaannya. Jika kamu melihat gelembung-gelembung dalam akuarium cupang, itu menandakan daerah kekuasaannya. Ikan cupang tidak suka berkoloni atau hidup berdampingan dengan ikan lain.

Jika kalian lihat, penghobi dan pemelihara ikan cupang jarang menambahkan tanaman air dalam wadah bersama ikan cupang. Wadah ikan cupang terlihat simple tanpa hiasan apapun.

Baca juga : Berbagai Wadah Tempat Memelihara Ikan Hias

Meskipun ada juga yang membuat aquascape mini untuk ikan cupang. Tapi melihat karakteristik ikan cupang yang agresif, maka sebenarnya ikan ini tidak disarankan untuk dipelihara di aquascape.

2. Parrot dan Louhan

Selain cupang, jenis ikan parrot dan louhan juga memiliki sifat yang agresif. Mulut ikan ini yang mirip dengan burung parrot, maka banyak yang menyebut ikan ini ikan parrot. Ikan ini pada umumnya berwarna merah, walaupun sebenarnya banyak juga yang berwarna hijau muda, kuning, dll. Sedangkan untuk ikan louhan masih saudaraan dengan ikkan parrot. Namun, ikan louhan biasanya lebih agresif lagi.

Mengapa ikan ini tidak disarankan ada dalam aquascape? Sebab ikan tersebut memiliki sifat untuk menggali pasir dalam aquascape. Jika pasir digali oleh ikan, maka tanaman bisa rusak. Selain itu, air dalam aquascape akan lebih mudah kotor karena pasirnya di gali oleh si ikan.

3. Koki dan komet

Jika kamu ingin membuat aquascape saran saya jangan memasukkan ikan mas koki dan komet ke dalamnya. Meskipun terlihat imut, ikan ini memiliki sifat yang rakus dan mudah sekali bertumbuh besar.

Ukurannya yang besar bisa mengganggu tanaman air di aquascape. Tanaman lebih rentan dirusak oleh ikan ini walaupun tidak disengaja dengan ukurannya yang besar. Jadi ikan mas koki dan komet tidak disarankan di aquascape.

4. Ikan Lemon

Ikan lemon memiliki ciri khas warnanya yang menyerupai warna lemon dengan warna sirip sedikit hitam. Meskipun sangat cantik jika diletakkan di aquarium, namun ikan lemon tidak disarankan dimasukkan di aquascape.

Sebab, ikan ini memiliki sifat yang sangat agresif. Ikan ini bisa merusak tanaman air untuk aquascape. Jika masih kecil, ikan ini sebenarnya tidak begitu agresif, namun jika sudah besar akan sangat agresif.

Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Cocok untuk Aquascape

Jika ikan hias air tawar di atas merupakan ikan yang tidak cocok dipelihara untuk aquascape. Nah, beberapa jenis jenis ikan yang cocok dipelihara dalam aquascape, diantaranya : guppy, molly, neon tetra, udang, dan ikan black ghost untuk aquascape.

Demikian pembahasan mengenai jenis ikan hias air tawar aquascape yang tidak disarankan.
Semoga bermanfaat. Wassalamu'alaikum.
LihatTutupKomentar