-->

Jenis kayu untuk aquascape dan cara membuatnya tenggelam

Assalamu'alaikum. Hay teman-teman. Masih seputar aquascape nih. Jika kamu ingin bereksperimen dalam pembuatan aquascape. Mungkin terbesit di benak kalian untuk menggunakan kayu aquascape di dalamnya.

jenis-kayu-untuk-aquascape-dan-cara-membuat-kayu-tenggelam


Kayu aquascape akan memberikan kesan yang natural dan tentunya menambah keeksotisan aquascapemu. Desain aquascape-mu terlihat seperti ada pohon di dalamnya. Biasanya kayu aquascape tidak dibiarkan polos, penghobi aquascape sering menambahkan lumut di ranting kayu aquascape. So, jenis kayu apa saja untuk aquascape?

Baca juga : Lumut yang Bisa Hidup dengan Menempel di Kayu Aquascape

Jenis Kayu untuk Aquascape

Kayu untuk aquascape sebenarnya mudah didapat. Untuk memilih kayu untuk aquascape harus memperhatikan kerasnya kayu tersebut. Carilah jenis kayu yang keras, seperti mahoni, rasmala, bakau, santigi, senggani, dll).

Ada beberapa jenis kayu yang bisa digunakan buat aquascape. Berikut jenis kayu untuk aquascape yang mudah didapat dan di sekitar kita:

1. Kayu jambu biji

Jenis kayu jambu biji untuk aquascape menjadi pilihan yang mudah sekali didapatkan. Pohon jambu biji sendiri sering kita temui di rumah-rumah sekitar kita. Selain mudah didapat, kayu jambu biji juga gratis, tinggal minta aja sama tetangga (^_^).

Oke lanjut lagi, kayu jambu biji untuk aquascape bisa dibilang sangat cocok. Sebab kayu jambu biji agak elastis, bercabang dan memiliki kulit yang halus. Selain itu, kayu jambu biji memiliki pori-pori kecil yang bisa digunakan untuk diffuser.

Baca juga : Cara Mengolah Kayu Jambu untuk Aquascape

Bagi kamu yang belum tahu diffuser itu apa? Saya jelaskan, diffuser atau dalam bahasa yang mudah dipahami adalah alat untuk mneybarkan co2. Jadi, kayu jambu biji yang berpori-pori bisa menjadi penyebar co2 yang tersambung dengan selang co2.

Bagaimana cara menggunakan kayu jambu biji untuk diffuser? Mudah sekali, pilihlah atau potong ranting kayu jambu biji yang seukuran dengan selang co2 (agar kayu bisa masuk ke selang co2). Lalu potong runcing di sisi kayu yang lain (sebagai jalan keluar co2). Jika sudah terpotong lancip, lalu tiinggal tancapkan saja pada selang co2. Selesai deh.

diffuser-dari-kayu-jambu-biji-untuk-aquascape
Sumber : catatanaquascape.com

Baja juga : Cara Membuat Aquascape Mini Sederhana Tapi Indah

2. Akar senggani untuk aquascape

Kayu senggani memiliki keindahan pada akarnya yang bercabang-cabang. Tentu dengan banyak cabang dari akarnya, akan menambah kesan natural pada aquascape kita. Perlu kreatifitas untuk membuat akar senggani terlihat cantik di aquascape kita. Tambahkan batu sungai dan asesoris pendukung lainnya.

cara-mengolah-akar-senggani-untuk-aquascape
Pohon senggani yang akarnya bisa digunakan untuk aquascape

Setelah mendapatkan jenis kayu yang diinginkan, maka pertanyaan yang datang selanjutnya adalah bagaimana cara mengolah akar senggani untuk aquascape? Atau bagaimana cara mengolah kayu jambu biji untuk aquascape?

Cara membuat kayu aquascape tenggelam

Cara membuat kayu aquascape bisa tenggelam sebenarnya mudah dilakukan. Berikut cara membuat pohon aquascape tenggelam :

1. Keringkan dan rebus kayu untuk aquascape

Jika kamu sudah mendapatkan kayu aquascape yang menurutmu bagus, segera keringkan kayu tersebut hiingga benar-benar kering atau tidak mengandung air atau getah lagi. Jika kamu paksakan kayu yang masih basah dimasukkan ke aquascape, maka aquascapemu akan cepat berbau dan cepat busuk.

Baca juga : Air Aquarium Cepat Kuning? Cana Ini!

Setelah kering, perlu juga direbus terlebih dahulu. Sesuaikan dengan besar kecilnyanya kayu aquascape. Jika kayu aquascape besar, cukup disiram dengan air panas. Hal tersebut dilakukan untuk menghilangkan getah dalam kayu. Supaya getah tidak mengontaminasi air aquascape, sehingga membuat tanaman dan ikan bisa mati.

Baca juga : Jenis Ikan yang Tidak Boleh di Aquascape

2. Ikatkan pada batu aquascape

Cara mudah dan praktis untuk membuat kayu aquascape bisa tenggelam adalah dengan mengikatnya ke batu aquascape. Cara mengikat kayu aquascape bisa tenggelam dengan menggunakan benang.  Tentu, pengikatan kayu tersebut disesuaikan dengan selera masing-masing. Jika kayu aquascape besar, bisa mengikatnya dengan batu yang agak besar, supaya kuat menahan kayu besar tersebut.

3. Biarkan beberapa hari hingga tenggelam dengan sendirinya

Jika kamu tidak mendesain aquascape dengan batu, untuk membuat kayu tenggelam. Kamu juga bisa menindih kayu aquascape-mu dengan benda berat terlebih dahulu. Pentingnya menenggelamkan kayu terlebih dahulu adalah untuk memenuhi pori-pori kayu dengan air. Maka, kayu aquascape akan tenggelam dengan sendirinya meskipun tidak diikat dengan batu.

Demikian penjelasan mengenai jenis kayu dan cara membuat kayu aquascape tenggelam. Semoga bermanfaat. Wassalamu'alaikum
LihatTutupKomentar