-->

Cara membuat aquascape mini tank air tawar sederhana, murah, tapi indah dengan batu kali untuk cupang

Assalamu'alaikum. Hay teman-teman. Sehatkan? Kali ini saya ingin berbagi masih seputar aquascape. Postingan kali ini tentang cara membuat aquascape mini sederhana tapi indah.

Siapa bilang aquascape mahal? Aquascape bisa dibuat dengan biaya murah. Tentu aquascape yang minimalis dengan memanfaatkan peralatan sederhana seperti batu kali untuk ikan cupang.

Sebagaimana yang kita ketahui. Ikan cupang memiliki sifat yang agresif. Jadi si doi lebih suka hidup sendirian alias jomblo. Sifatnya yang agresif dikarenakan doi selalu menandai daerah kekuasaannya dengan gelembung. Jika ada yang memasuki daerah kekuasaanya maka doi akan marah dan bisa saling berkelahi.

aquascape-mini-sederhana-tapi-indah
Youtube : Pojok Aquatic

Dengan demikian, wadah (aquascape mini tank) ikan cupang (disebut dengan soliter) memang pada umumnya kecil, sederhana dan hanya cukup dihidupi satu ekor saja. Wadah ikan cupang juga bermacam-macam. Pada umumnya berupa kaca, ada juga dari plastik bekas toples. Yang penting wadah yang cukup untuk satu ekor cupang saja.

Baca juga : Macam-Macam Wadah Pemeliharaan Ikan Hias

Ikan cupang pada umumnya ditempatkan pada wadah yang minimalis dan sederhana alias tanpa aksesoris dalam aquarium. Meskipun demikian, ada juga yang memelihara ikan cupang ke dalam aquascape.

Bagi yang belum tahu, aquascape adalah seni memelihara tanaman hias di dalam aquarium atau wadah lainnya. Sebenarnya, ikan cupang yang memiliki sifat agresif, tidak sepenuhnya cocok dipeliharan dalam aquascape. Sebab, doi bisa merusak tanaman air di dalam aquascape kita dengan gerakannya yang lincah dan cepat atau cenderung agresif

Baca juga : Ikan Hias yang Tidak Disarankan di Aquascape

Akan tetapi, jika kita hanya memilihara satu ekor ikan cupang saja, akan terlihat membosankan dan kurang variasi di dalam aquarium.

Ada yang memelihara cupang dalam aquascape untuk menambah nilai-nilai seni di dalamnya.
Maka, kamu perlu membuat aquascape mini sederhana untuk cupang. Meskipun aquascape mini dan sederhana, wadah ini juga indah, tergantung penataan dan jiwa kesenian kita masing-masing.

Aquascape minimalis dan sederhana bisa dibuat sendiri di rumah dengan harga murah meriah. Jika kita membelinya juga bisa, namun harganya agak lumayan. Jika kamu ingin membuatnya sendiri dengan harga ekonomis alias murah, maka ikuti langkah-langkha berikut ini.

Langkah-Langkah membuat Aquascape Mini

Untuk memuat aquascape mini sederhana, murah tapi indah, coba langkah-langkah berikut :

1. Sediakan peralatan yang digunakan

Peralatan yang digunakan untuk mengisi aquarium mini atau soliter ikan cupang terbilang tidak begitu banyak. Kamu hanya perlu menyediakan :

wadah-aquarium-soliter
Sumber youtube : Pojok Aquatic
  • Pasir silika,(agar aquascape tidak mudah keruh)
  • Pupuk dasar, (sebagai pupuk untuk tanaman air)
pasir-silika-pupuk-dasar-aquascape
Sumber youtube : Pojok Aquatic
  • Spons, (sebagai alas pasir)
  • Filter undergravel+pipa, (sebagai penyaring kotoran di aquascape)
  • Aerator, (sebagai alat menyedot kotoran air)
  • Selang, (untuk disambungkan ke aerator)
  • Tanaman (bisa tanaman aquascape yang murah dan mudah dirawat terlebih dahulu)
Baca juga : 5 Tanaman Aquascape yang Ada di Sawah dan Sungai
filter-undergravel-pipa-aerator-selang-aquascape
Sumber youtube : Pojok Aquatic

Dikarenakan kita akan membuat aquascape mini, maka kamu bisa membeli peralatan tersebut di atas ke pedagang eceran. Sebab, kita hanya membutuhkan sedikit atau menyesuaikan wadah yang kamu punya. Semakin besar wadang yang akan digunakan, maka butuh peralatan yang lebih banyak, dan agak mahal.

Kamu bisa membeli peralatan tersebut di atas di pasar ikan, atau tempat penjual ikan dan peralatan aquascape di kotamu.

2. Membuat dasar aquascape

Untuk membuat dasar aquascape, pertama siapkan wadah/ aquarium/ soliter.  Ukuran bisa bervariasi menyesuaikan keinginan dan kebutuhanmu. Sebagai referensi kamu bisa menyiapkan aquarium ukuran 15 x 20 cm.

Selanjutnya masukkan tatakan undergravel (tidak full memenuhi dasar aquarium gak masalah) dan pasang pipanya. Lalu masukkan spons di atas undergravel hingga menutupi alas aquarium.

cara-memasang-undergravel-aquascape
Memasang Undergravel
(Youtube : Pojok Aquatic)

cara-memasang-spons-aquascape
Memasang Spons
(Youtube : Pojok Aquatic)

Setelah itu, taburkan pupuk dasar secukupnya di atas spons (sesuaikan dengan dimana tempat kita menancapkan tanaman air di atasnya). Kemudian, masukkan pasir silika di atas pupuk hingga menutupi dasar aquarium. Setelah pasir silika rata, kamu juga bisa memasukkan batu kali sebagai kreasi seni di dalam aquascape.

memasukkan-pupuk-dasar-aquascape
Memasukkan pupuk dasar
(Youtube : Pojok Aquatic)

cara-memasukkan-pasir-silika-aquascape
Memasukkan pasir silika
(Youtube : Pojok Aquatic)

3. Penanaman tanaman air

Setelah dasar aquarium selesai, masukkan air hingga kira-kira 30% dari tinggi aquarium. Hal tersebut untuk memudahkan proses penanaman tanaman air ke aquarium. Pada proses penanaman, pastikan tanaman air tertancap pada lapisan pasir yang terdapat pupuk di bawahnya.

cara-memasukkan-air-aquascape
Memasukkan Air 30%
(Youtube : Pojok Aquatic)

cara-menanam-tanaman-air-aquascape
Menanam Tanaman Air di Aquascape
(Youtube : Pojok Aquatic)

Setelah selesai, selanjutnya tambahkan air dengan hati-hati, jangan menyiram air ke aquarium secara langsung, agar tidak membuat dasar aquarium keruh dan "mubal". Berilah alas ketika menyiram air, bisa menggunakan spons atau bekas air mineral yang sudah dilubangi di berbagai sisinya.


4. Tahap akhir

Isi air secukupnya yang penting cukup merendam tanaman air dan tempat hidup cupang. Langkah selanjutnya pasang aerator pada pipa undergravel. Jangan buru-buru memasukkan ikan cupang ke dalam aquascape, tunggu beberapa waktu hingga air menjadi jernih.

cara-memasukkan-air-dalam-aquascape
Cara Memasukkan Air ke Dalam Aquascape
(Youtube : Pojok Aquatic)

Setelah jernih, nyalakan aerator dan kamu bisa memasukkan ikan cupang ke dalam aquascape. Dan aquascape mini sederhana tapi indahmu untuk ikan cupang sudah selesai. Kamu bisa menikmati keindahan aquascapemu sekarang.

Demikian cara membuat aquascape mini sederhana tapi indah, tentu dengan harga murah meriah. Semoga bermanfaat. Wassalamu'alaikum.
LihatTutupKomentar